Selasa, 09 Maret 2010

Rancangan Penelitian


A.Pendahuluan
Sebelum mengadakan penelitian, seorang peneliti harus membuat rancangan penelitian atau biasa disebut proposal penelitian. Proposal penelitian bertujuan untuk memberikan pedoman penelitian, sekaligus dapat memberikan gambaran tentang apa yang akan dilakukan dalam penelitian.

B.Sistematika Proposal
Secara umum sistematika proposal penelitian sosial adalah :

1.Judul penelitian
2.Latar Belakang
3.Masalah Penelitian
4.Landasan Teori
5.Tujuan
6.Manfaat
7.Hipotesis
8.Metodologi penelitian

Masing-masing dari unsur proposal di atas akan dijelaskan di bawah ini, yakni :

1.Judul penelitian
Topik adalah tema umum penelitian yang memuat masalah pokok penelitian. Konkritisasi dari tema yang diangkat di sebut judul.
Judul penelitian harus mencakup hal-hal berikut, yakni :
a.Sifat penelitian (deskriptif, komparatif atau korelatif)
b.Subjek Penelitian
c.Objek Penelitian
d.Lokasi
e.Waktu
Contoh judul : Studi deskriptif budaya masyarakat Cirebon tahun 2003.

2.Latar belakang
Dalam latar belakang, peneliti menyajikan alasan utama mengapa masalah ini dapat diangkat sebagai bahan penelitian. Ada 3 hal utama yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun latar belakan, yaitu :
a.urgensi atau pentingnya masalah penelitian diajukan
b.Alasan, manfaat dan keuntungan penelitian
c.Fakta atau data yang mendukung sehingga alasan pengambilan itu cukup.



3.Rumusan Masalah penelitian
Adalah pertanyaan-pertanyaan penelitian sesuai dengan topik dan judul penelitian. Rumusan penelitian harus dijabarkan secara operasional dan spesifik dari judul penelitian. Rumus rumusan masalah adalah : 5W + 1H.

4.Tujuan Penelitian
Adalah jawaban yang ingin ditemukan dari suatu penelitian. Perumusan tujuan penelitian harus sejalan dengan rumusan masalah penelitian. Biasanya Rumusan masalah berupa kalimat pertanyaan sedangkan tujuan penelitian berupa kalimat pernyataan.


5.Manfaat Penelitian
Perlu di kemukakan agar diketahui hasil yang hendak dicapai dari penelitian dan untuk siapa hasil penelitian itu digunakan. Manfaat penelitian adalah kelanjutan dari tujuan penelitian. Ada 2 manfaat penelitian yakni bersifat praktis, misalnya mempermudah pengambilan kebijakan dan bersifat teoritis , misalnya mengembangkan ilmu pengetahuan.

6.Hipotesis
Adalah pendapat yang sifatnya sementara. Hipotesia berfungsi sebagai jawaban sementara untuk masalah penelitian. Hipotesis selalu dirumuskan dalambentukpernyataan yang menghubungkan 2 variabel atau lebih. Jadi hipotesis hanya untuk penelitian korelatif dan komparatif, sedangkan penelitian deskriptif tidak menggunakan hipotesis.

7.Metodologi penelitian
Metodologi penelitian adalah cara yang dipakai untuk memecahkan masalah penelitian. Ada tiga unsur metode penelitian, yakni :
a.Subjek penelitian
Adalah sumber data penelitian. Subjek penelitian terdiri dari Populasi atau objek keseluruhan dan Sample atau wakil dari populasi.

b.Metode pengumpulan dan Instrumen pengumpulan data
Ada beberapa metode pengumpulan data dan instrumen pengumpulan data, yakni :

No Metode Pengumpulan Data Alat Pengumpulan Data Sumber Data

1. Angket/ KuesionerKuesioner/Angket Responen : Petani, karyawan, pemuda dsb.
2. Wawancara Pedoman Wawancara Responden : Tokoh Masyarakat, buruh dsb.
3. Observasi Pedoman Observasi Benda, Peristiwa, situasi, proses, dsb.
4.
Dokumenter
Pedoman dokumenter Catatan resmi, dokumen dsb.


c.Metode pengolahan data
Dalam metode pengolahan data, peneliti tinggal menentukan untuk memakai metoda pengolahan data kualitatif atau kuantitatif. Perbedaan utamanya adalah kalau metode kuantitatif makan penelitian ini menggunakan pengolahan statistik. Namun bilan metodenya kualitatif maka peneliti tidak perlu menggunakan statistik.


PENGUMPULAN DATA

Dalam penelitian sosial

1 komentar: